Lapas Kelas IIA Lampung Selatan Gelar Sosialisasi Pencegahan Corona

Lampung Selatan – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel) menggelar sosialisasi pencegahan dan pengendalian penyakit menular dilingkungan Lapas Kalianda. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk mewaspadai penyebaran Covid-19, Sabtu (07/03/2020).

Dokter yang bertugas di klinik Lapas Kalianda, Agitha Melita Putri mengatakan pencegahan dan pengendalian penyakit menular tersebut dilakukan supaya para pegawai Lapas Kalianda dan Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Kalianda terbebas dari penyakit menular berbahaya, terutama Covid-19.

“Situasi perkembangan Covid-19 membuat kita wajib Waspada, terutama tentang penularannya. Sehingga, perlu dilakukan sebuah tindakan pencegahan sedini mungkin,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya melakukan upaya promotif dan preventif kepada pegawai dan pengunjung dalam mencegah penularan virus menular di Lapas Kalianda.

“Hari ini kita lakukan sosialisasi tentang pencegahan dan pengendalian penyakit menular kepada warga binaan. Bukan hanya itu, sosialisasi juga kepada pengunjung. Kami langsung melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan pemberian cairan antiseptik,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan tubuh tersebut, dokter Aghita tidak menemui kendala dan gejala penyakit virus corona dan penyakit menular lainnya. Namun, ia menyarankan agar siapapun, baik pegawai, para pengunjung, dan para WBP Lapas Kalianda dapat menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, yakni membiasakan diri mencuci tangan, menjaga etika ketika batuk, dan memeriksakan kesehatan diri apabila menderita demam tinggi.

“Pemeriksaan tadi negatif atau tidak ditemukan penyakit menular. Meski demikian, kita semua tetap harus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga etika batuk, dan segera periksakan ke klinik terdekat bila ditemukan demam tinggi. Mencegah lebih baik daripada mengobati,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Kalianda, Tetra Destorie mengatakan mencegah itu lebih utama daripada mengobati. Untuk itu, kegiatan ini merupakan salah satu upayanya dalam mencegah adanya penyakit menular di lingkungan Lapas.

“Benar apa yang dikatakan dokter. Mencegah lebih baik daripada menobati. Saya apresiasi kepada Dokter Agitha yang sudah melaksanakan upaya pencegahan virus corona,” pungkasnya.

Menurut Tetra, pihaknya pekan depan kembali melakukan kegiatan penyuluhan tentang pencegahan Virus Corona bagi seluruh WBP Lapas Kalianda yang bekerjasama dengan Dokter Spesialis Paru di Rumah Sakit Bob Bazar, Kalianda,

“Kamis, 12 Maret 2020 rencananya kita agendakan kembali penyuluhan kesehatan tentang virus korona. Rencananya nanti akan ditangani Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Bob Bazar,” tandasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here