Loker Tugas, Salah Satu Solusi Menghindari Kegiatan Luring Ditengah Pandemi Covid-19

Ruasinfo.com – Salah satu mahasiswa UPI Kampus Purwakarta Nita Dinda Putriyanti dibawah bimbingan dosen pendamping Dr. Hafiziani Eka Putri, M.Pd. Melaksanakan KKN di salah satu sekolah dasar yang berada di Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang. KKN dilaksanakan mulai tanggal 17 November sampai 17 Desember 2020. Dikarenakan adanya pandemi sekolah harus melaksanakan pembelajaran secara daring.

Ada beberapa sekolah yang membuat kebijakan pengumpulan tugas siswa dilakukan secara luring, biasanya luring dilakukan seminggu sekali atau seminggu dua kali. Melihat kondisi ini, Nita menggagas pembuatan loker tugas yang dapat diajadikan solusi untuk menghindari kegiatan luring dan bagi siswa atau orang tua siswa yang tidak memiliki gadget tetapi harus mengumpulkan tugas dapat menggunakan fasilitas ini. Berikut gambar loker tugas.

Tujuan dibuatnya loker tugas yaitu untuk menghindari kontak langsung antara guru dengan siswa atau orang tua siswa yang ingin mengumpulkan tugas. “Tugas dikumpulkan seminggu sekali, dan ada beberapa tugas yang dikumpulkan secara langsung seperti modul atau LKS yang terlalu rumit untuk dikumpulkan melalui WA, selain itu siswa atau orang tua siswa yang tidak memiliki HP dapat tetap mengumpulkan tugas, biasanya ikut belajar dengan teman atau tetangganya lalu tugasnya dikumpulkan di loker tugas” ujar salah satu guru.

Loker tugas disimpan di dekat gerbang sekolah dan dibuat perslot untuk satu kelas, ketika orang tua atau siswa akan mengumpulkan tugas tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan ditempat yang telah disediakan dan menjaga jarak jika terdapat banyak orang. Kemudian guru akan mengambil tugas tersebut dan memeriksanya dan menyimpannya kembali jika sudah diperiksa. Dengan begitu orang tua atau siswa tidak perlu masuk ke ruang guru hanya untuk mengumpulkan tugas. (Red/Nita Dinda Putriyanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here