Tips Jitu Menggali Motivasi Belajar

Pada era modern seperti saat ini, banyak sekali kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa di bangku perkuliahan. Salah satunya, ialah masalah motivasi belajar. Seringkali mahasiswa merasa bingung apa yang bisa menjadi motivasi agar semangat belajar. akibat kebingungan tersebut mahasiswa tidak memiliki arah yang jelas tentang studinya. Sehingga tidak jarang dari mereka mengalami penurunan nilai IPK, malas masuk kela dan ada yang sampai berhenti kuliah di pertengahan jalan karena kehilangan motivasi belajar.

Kondisi seperti itu memang tidak bisa dihindari pasti kita sebagai mahasiswa akan melalui fase itu, naik turun seiring suasana hati dan kondisi lingkungan. Apalagi sekarang kuliah daring yang katanya lebih banyak tugasnya dibanding saat kuliah offline. Belum lagi permasalahan pribadi yang dapat mempengaruhi motivasi  belajar kita. Sebenarnya semua itu adalah hal yang wajar terjadi pada siapapun, namun kita harus tetap jaga komitmen untuk menjalani perkuliahan dengan baik dan lancar.

Motivasi belajar juga menurun akibat banyak masalah, dan akupun mengalaminya, apalagi banyak amanah yang harus diselesaikan. Terus aku pikir, memang kita ini tidak bisa jauh dari masalah, masalah satu selasai pasti akan datang lagi masalah yang lain. Nah.. ini menjadi proses pendewasaan kita bukan, bayangkan kalo hidup kita ini tenang-tenang aja aman-aman aja, aneh gak sih? Hehe.

Just a tips…

  1. Perbaharui Niat

Kembalikan segala sesuatu yang kita lakukan pada niatnya, demikian pula dengan kuliah kita. Niatkan perkuliahan ini dilakukan hanya demi mendapat ridho-Nya. Jikalau goyah maka perlu untuk diperbaharui kembali. Kuliah kita untuk apa? Kenapa harus kuliah? Nah kita perbaharui lagi. Ingat juga ada orang tua dirumah yang sedang sudah bersusah payah menguliahkan kita dan hanya ingin mereka bisa hadir ketika kita wisuda.

2. Ubahlah Cara Pandangmu

Jika kamu tidak menyukai pelajaran tertentu maka ubahlah cara pandangmu, bahwa pelajaran tersebut sangatlah penting untuk dipelajari, jika kamu ingin menjadi mahasiswa yang sukses di perguruan tinggi.

3. Jadilah Ahli di Satu Bidang

Pastinya setiap orang lebih unggul dalam beberapa bidang. Yang perlu kamu lakukan adalah fokus sedikit lebih banyak pada bidang yang sangat kamu sukai hingga kamu memiliki personal branding, bahwa kamu dikenal denga napa yang kamu kuasai.

4. Cari Temen Belajar

Belajar bersama teman itu terasa menyenangkan. Terkadang kita harus memiliki teman belajar, kenapa? Karena dengan adanya teman belajar kita bisa menciptakan suasana berbeda yang dapat menjaga semangat belajar kita. Kalo lagi gak semangat nanti ada yang menyemangati, apalagi kalo ada yang punya pasangan, ehh.. saya yakin jarang kalo gak semangat. Manfaat lainnya adalah agar kita mendapatkan beragam informasi dan wawasan serta pengetahuan yang beragam dari teman-teman belajar.

5. Apresiasi Diri

Metode ini saya pakai ya, apalagi ketika saya lagi merasa insecure. Sekadar membeli makan favorit, atau bercermin dan kamu disitu bilang bahwa kamu bisa, kamu hebat dan sebagainya. Ini adalah penghargaan sederhana pada diri sendiri, pun saat target-target kecil tercapai. Karena kalo diri sendiri aja gak menghargai, apalagi orang lain.

6. Berorganisasilah

Salah satu motivasi belajar saya yaitu dengan mengikuti organisasi. Karena di dalam organisasi kita dapat ilmu yang tidak kita dapatkan di dalam ruang kelas. Sehingga kita tidak akan bosan menuntut ilmu yang lingkupnya di ruang kelas saja. Tapi ingat yang terpenting antara kuliah dan organisasi harus seimbang.

Mungkin masih banyak tips yang bisa kalian eksplor lagi,. Yang terpenting hal yang harus kita ingat dalam menjaga motivasi belajar adalah bahwa sebagian besar dorongan itu berasal dari diri kita sendiri dan bukan dari orang lain. Artinya adalah apapun yang terjadi adalah murni menjadi tanggung jawab diri sepenuhnya.

Selamat berproses

Oleh : Edi Susilo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here