Kampus Mengajar Melaksanakan Pengabdian Termasuk Di Daerah Provinsi kepulauan Bangka Belitung

Bangka Belitung – Program Kampus Mengajar Sudah Hadir dalam kontribusi nyata bagi masyarakat yang menjadi Program Prioritas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Kampus Mengajar adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas diluar kelas perkuliahan. Di program kampus mengajar, mahasiswa akan ditempatkan di sekolah dasar diseluruh Indonesia dan membantu proses belajar mengajar di sekolah terutama Sekolah Dasar yang ada di Provinsi kepulauan Bangka Belitung.

Indonesia sedang butuh bantuanmu untuk membantu Bapak/Ibu Guru serta adik-adik Sekolah Dasar untuk mendapat kesempatan belajar optimal di kondisi terbatas dan kritis selama pandemi. Mahasiswa dapat mengembangkan diri, khususnya kreativitas, kepemimpinan, dan kemampuan interpersonal lainnya melalui pengalaman ini.

Orie Fachridho Hermawan Selaku Koordinator Kampus Mengajar Provinsi kepulauan Bangka Belitung, mengatakan kegiatan ini dimana Mahasiswa terpilih akan mendapatkan peningkatan kapasitas dengan tema-tema sebagai berikut: Pedagogi Sekolah Dasar, Pembelajaran Literasi dan Numerasi, Etika dan Komunikasi, Aplikasi MBKM (Merdeka Belajar– Kampus Merdeka) dan Monev Kampus Mengajar, Profil Pelajar Pancasila, Konsep Pembelajaran Jarak Jauh: Strategi Kreatif Belajar Luring dan Daring, Mahasiswa sebagai Duta Perubahan Perilaku di Masa Pandemi, Prinsip Perlindungan Anak (Child Protection). Selasa (23/03/2021)

Program Kampus Mengajar adalah suatu bagian dari Program Kampus Merdeka,
Bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar dan mengembangkan diri diluar kelas kuliah dan Melibatkan mahasiswa menjadi pengajar selama 3 Bulan, Sehingga Mahasiswa terpilih akan ditempatkan di SD yang membutuhkan.
Kita sebagai mahasiswa harus terlibat dalam Program Kampus Mengajar yang juga menjadi perhatian ketika dimasa Pandemi adik-adik kita mengalami tantangan belajar yang sangat luar biasa berbeda dari sebelumnya dan guru-guru Sekolah Dasar harus beradaptasi dengan tekhnologi

Dalam hal ini kita sebagai mahasiswa terpanggil bersama mahasiswa lainnya yang berasal dari Perguruan Tinggi Se-Indonesia dan keilmuan yang berbeda-beda untuk melakukan pengabdian secara langsung untuk membantu masyarakat terutama di daerah tempat tinggal kita berada.

Sementara itu, Staff Khusus Gubernur Bidang Pembangunan, Elly Gustina Rebuin mengatakan ini menjadi langkah baik bagi pendidikan terutama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk meningkatkan SDM di Tingkat sekolah dasar yang menjadi sasaran dari pengabdian yang akan dilakukan oleh teman-teman mahasiswa nanti juga akan bersinergi bersama pihak pemerintah daerah dan sekolah penugasan mereka tentunya.

Saya berharap ini akan menjadi bentuk rekomendasi untuk meningkatkan standar pendidikan yang ada di daerah kita agar tidak tertinggal dengan daerah lainnya, dimana mahasiswa nanti bisa meningkatkan kearifan dari tiap-tiap kondisi lingkungan Sosial sekitar, agar menjadi keunggulan yang dapat ditingkatkan dari tiap-tiap Sekolah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here