APSESI Adakan Talkshow dan Kunjungan Ke Kampung Tematik Peng_angguran Metro Lampung

Kota Metro – Dalam rangkaian kegiatan Konsorsium Program Studi Ekonomi Syariah Se-Indonesia dan Penyamaan Persepsi Kurikulum MBKM di Lampung, APSESI adakan Talkshow dan Kunjungan ke Kampung Peng_angguran Kota Metro (27/08/2022). Talkshow bersama Walikota Metro dr. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K) dan penggerak komunitas Selasart.id M.Rizky Kadavi, M.Sn kali ini mengangkat tema Pengembangan Ekonomi Syariah Non-Bank Berbasis 17 Subsektor Ekonomi Kreatif di Indonesia dengan moderator Ketua Umum APSESI Dr. Fahriansah, Lc., MA.

Dalam Talkshow tersebut Wahdi menekankan terkait penting membangun kolaborasi antara pemerintah, komunitas dan stakeholder lainnya dalam membangun Pasar ataupun Kampung Kreatif. “Kolaborasi menjadi kekuatan vital bagi kami dalam menggerakkan pemberdayaan warga seperti Kampung Peng_angguran serta pasar dan kampung kreatif lainnya yang ada di Kota Metro. Terutama kolaborasi pentahelix yang menemukan antara pemerintah, komunitas, akademisi, pengusaha, dan media dalam satu ekosistem pemberdayaan.” Pungkasnya.

Sedangkan, Kadavi memaparkan mengenai pentingnya membangun SDM penggerak dan upaya menggali potensi yang ada di setiap daerah. “Kunci dalam menciptakan gerakan pemberdayaan yaitu terletak di SDM atau masyarakat. Mengingat mereka yang akan menjadi penggerak dan meng-create kampungnya menjadi bernilai. Di samping juga penting untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang ada, agar gerakan pemberdayaan yang digerakkan punya keunikan, inovasi dan dapat berjalan sustainable.” Tambahnya.

Sedangkan, Fahriansah selalu Ketua Umum APSESI sangat tertarik dengan konsep pemberdayaan kampung kreatif seperti Kampung Peng_angguran yang didorong oleh Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Metro bersama warga kelurahan Yosodadi Metro Timur, komunitas seni, dan pemerintah. Ia berharap seluruh program studi Ekonomi Syariah di Indonesia bisa mencontoh gerakan pemberdayaan berbasis kolaborasi seperti ini.

Dalam kegiatan ini juga turut hadir Bapak Saiful selaku penggerak Kampung Peng_angguran. Ia memaparkan kegiatan-kegitan yang dilakukan warga di Kampung Peng_angguran. “Kami di sini, mayoritas warganya menanam pohon anggur. Selain itu, kami juga melakukan ternak sapi, budidaya magot, lebah trigona, produksi beras lokal, keripik pisang, pembuatan kursi dari kaleng cat bekas dan lainnya. Sejauh ini, saya terus mendorong warga untuk terus mengembangkan hal-hal baru di kampung ini.” Jelasnya.

Kegiatan Talkshow dan Kunjungan ke Kampung Peng_angguran diikuti oleh para perwakilan dosen dari Prodi Ekonomi Syariah se-Indonesia. Hadir juga para akademisi dari IAIN Metro, dan warga penggerak Kampung Peng_angguran. Kegiatan APSESI yang digelar di Kampus IAIN Metro Lampung dari tanggal 26-28 Agustus 2022 ini diikuti lebih dari 50 peserta dari berbagai Perguruan tinggi Islam baik negeri maupun swasta. (Red)